Bahaya mengucek mata dengan tangan seharusnya kita sadari sebab bisa memunculkan penyakit & kelainan pada mata malah kebutaan. Mengucek mata yaitu kesibukan yang pasti segala orang pernah mengerjakannya. Kita mungkin mengerjakan hal hal yang demikian ketika terjadi kelilipan, ketika mata selasar perih, kering, gatal, ketika bangun tidur, ketika sedang merasa kuatir, stress, dan lain sebagainya. Saat menggosok / mengucek mata, kesibukan hal yang demikian bisa menstimulasi air mata untuk  mengalir dan melumasi mata yang kering, menghilangkan debu dan iritasi lainnya. Kecuali itu mengucek mata juga bisa mengurangi stres. Itu dikarenakan pada ketika menekan bola mata ke bawah syaraf vagus menjadi terstimulasi sehingga memberikan efek memperlambat denyut jantung. Bisa ini diketahui dengan sebutan oculocardiac refleks.

Sering Mengucek Mata Saat Gatal , ini Bahayanya !

Lalu apakah kita tahu, bahwa sebetulnya kesibukan mengucek mata bisa memunculkan efek membahayakan bagi kita? berikut ini penjelasannya.


1. Penipisan kornea mata
Penelitian medis menampilkan bahwa menggosok mata bisa menyebabkan penipisan kornea.  nantinya hal hal yang demikian bisa menyebabkan infeksi berulang, atau lebih buruk, ialah pengaruh terkenanya keratoconus, yang menyebabkan kerusakan pada penglihatan dimana gangguan ini sering kali tak bisa dikembalikan atau tak dapat sepenuhnya dikoreksi.

2. Keadaan menyebabkan tekanan pada mata kita
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menggosok mata terlalu sering kali, keras, dan selama bentang waktu yang lama bisa memunculkan dilema bagi mata, mata akan mengalami tekanan yang benar-benar menyakitkan. Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Optometry and Vision Science mengungkapkan bahwa menggosok / mengucek mata memberikan efek tekanan 10 kali dari level normal.

3. Memperburuk penglihatan (miopia)
Rabun jauh yaitu suatu situasi dimana seseorang mengalami gangguan pada ketika memandang obyek jarak jauh. Miopia terjadi sebab mata tak bisa memusatkan sinar yang masuk ke retina komponen mata yang berfungsi untuk memandang. Pada penderita gangguan miopia progresif, menggosok bisa berpengaruh pada buruknya penglihatan mereka. Bisa ini terjadi sebab  retina yang telah melemah berada di bawah tekanan yang berturut-ikut serta.

4. Mengakibatkan glaukoma
Glaukoma yaitu  ragam sejenis penyakit mata yang mempunyai gejala tak seketika, dimana hal ini lama kelamaan akan mengurangi energi penglihatan mata dan pada akibatnya dapat berujung pada kebutaan.

Salah satu penyebab glaukoma yaitu sebab adanya peningkatan tekanan pada bola mata, adalah diatas 20mmHg. Tekanan ini dapat terjadi dari adat istiadat kita mengucek mata.

5. Menyebabkan kerusakan syaraf
Pada penderita glaukoma peningkatan tekanan pada mata yang terjadi sebab terlalu sering kali dan terlalu lama mengucek mata mengganggu aliran darah di belakang mata, yang pada akibatnya berimbas pada rusaknya syaraf. Bisa ini tentu saja benar-benar merugikan penglihatan mereka.

6. Menyebabkan gangguan keratoconus
Keratoconus yaitu sebuah situasi dimana kornea mata menjadi melemah dan terdorong ke depan sehingga bisa berubah format menjadi seperti kerucut atau runcing seperti bola rugby. Sedangkan ini tentu saja akan berbahaya penglihatan mata.

7. Menyebabkan pembengkakan pada kornea
Menggosok mata sesudah bangun tidur bisa menyebabkan pembengkakan pada kornea mata. Bisa ini dikarenakan mata kelebihan cairan sebagai dampak dari kadar oksigen yang rendah dalam semalam. Bisa yang sama juga berlaku pada ketika seorang pengguna soft lens mencopot lensa kontaknya. Kecuali itu mengucek mata juga bisa mengakibatkan luka yang terasa benar-benar sakit dan nyeri pada kornea.

8. Meningkatkan resiko stress dan infeksi mata
Menggosok mata bisa memperburuk kondisi mata yang telah sakit, menyebabkan mata merah dan gatal. Bisa ini tentu saja akan memperbesar kemauan untuk menggosok lagi dan lagi. Bagi penderita alergi, hal ini tentu akan membawa pengaruh penyebaran alergen adalah seperti serbuk sari dari bulu mata ke permukaan mata, sehingga besar kemungkinan penyebaran bakteri dari tangan anda ke mata yang dapat mengakibatkan resiko styes serta terjadinya infeksi pada mata.

9. Kebutaan
Kebutaan yaitu suatu situasi dimana mata tak memiliki energi penglihatan lagi. Bisa ini dapat terjadi dari beraneka unsur, seperti glaukoma, katarak, dan beraneka ragam infeksi mata lainnya. Salah satu penyebab yang sepertinya dianggap remeh selama ini yaitu adat istiadat mengucek mata yang lama kelamaan dapat mengakibatkan infeksi, iritasi, glaukoma, malah pada tingkat kebutaan.

10. Menyebabkan lingkaran hitam pada mata
 menggosok mata bisa berpengaruh pada pecahnya pembuluh darah kecil yang mengitari mata Anda. Seiring waktu, hal hal yang demikian bisa memberikan efek bayang-bayang pada penglihatan, dan mata kelihatan kelihatan lelah.

11. Mata Bintitan
Nah salah satu bahaya mengucek mata dengan tangan yaitu terjadinya mata bintitan, penyebab mata bintitan yaitu adanya kuman yang masuk di mata dan memunculkan alergi.  banyak metode menghilangkan mata bintitan secara natural, tetapi lebih bagus kita mencegah supaya tak mengganggu kegiatan kita.

Ironisnya, menggosok / mengucek mata tak bisa meringankan gatal ataupun gangguan mata lainnya, akan melainkan hal ini justru akan membikin gangguan hal yang demikian lebih buruk lagi.
aman menjaga supaya mata konsisten sehat tanpa seharusnya mengucek mata :
  • Facecloth / tisu berair untuk mengurangi rasa gatal
  • Menghilangkan adat istiadat mengucek mata ketika bangun tidur
  • Mengobati penyebab mata kering, iritasi dan gatal dengan obat tetes mata
  • Menghindari stress
  • Biasakan posisi tidur terlentang, sebab tidur dengan posisi wajah melekat pada bantal bisa mengakibatkan tekanan pada mata. Ingat! Tidur yaitu salah satu sistem untuk membikin mata kita beristirahat.
  • Menghindari alergen yang menjadi sumber infeksi mata

Demikian Penjelasan Cara-Sehat Tentang bahaya sering mengucek mata saat gatal bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang hidup sehat.

Sumber : Klik Disini

Jika artikel Cara-Sehat ini bermanfaat silakan share/bagikan ke teman atau keluarga agar senantiasa menjaga kesehatan. Terimakasih.